Jumat, 20 Desember 2013

Alat-alat Berat untuk Pekerjaan Konstruksi







Almazs Putra
Alat-alat Berat Excavator
Pemilihan dan penentuan Alat-alat Berat yang akan digunakan dalam suatu proyek pekerjaan konstruksi mutlak diperlukan agar tujuan atau target yang ingin dicapai pada suatu proyek dapat terpenuhi. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan Alat-alat Berat yang akan digunakan, antara lain adalah :
1. Waktu pelaksanaan pekerjaan, misalnya musim panas atau musim hujan, hal ini berpengaruh pada roda atau type rantai Alat-alat berat yang akan digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut.
Alat-alat berat Bulldozer
2. Tempat atau lokasi proyek, misalnya di pedalaman atau di pemukiman atau di persawahan dan lain sebagainya, hal ini berpengaruh pada kondisi kesehatan Alat-alat Berat yang akan digunakan, hal ini berpengaruh jika suatu waktu Alat-alat Berat yang digunakan mengalami kerusakan maka untuk perbaikan atau pengiriman spare part yang dibutuhkan tidak memakan waktu yang lama, atau berpengaruh juga pada kebisingan yang ditimbulkan Alat-alat Berat jika lokasi proyek berada di pemukiman, atau berpengaruh juga pada pengiriman bahan bakar untuk kebutuhan Alat-alat Berat tersebut.
VIBRO SAKAI SV500
3. Kondisi medan proyek, maksudnya apakah di perbukitan, di pinggir laut, di atas ponton, di pinggir sungai dan lain sebagainya, hal ini berpengaruh pada kondisi kesehatan Alat-alat Berat yang digunakan, Besar kecilnya ukuran Alat-alat Berat yang digunakan, keahlian operator atau pengemudi Alat-alat Berat dan sebagainya.
4. Budget atau Rencana Anggaran Belanja Proyek untuk menyewa Alat-alat Berat serta perhitungan yang tepat mengenai berapa lama masa sewa dan berapa unit Alat-alat Berat yang ingin digunakan.
5. Volume pekerjaan, besar dan kecilnya ukuran Alat-alat Berat juga dipengaruhi oleh volume pekerjaan pada suatu proyek, sehingga Alat-alat Berat yang digunakan dapat dimanfaatkan tepat guna dan efektif.
6. Target waktu yang ingin dicapai untuk menyelesaikan proyek, hal ini berpengaruh pada kelincahan operator Alat-alat Berat saat mengoperasikan Alat-alat berat tersebut, ukuran besar atau kecilnya Alat-alat Berat yang digunakan dan kerjasama semua pihak yang terlibat di dalam proyek tersebut.
Masih banyak faktor lain yang juga berpengaruh pada pemilihan dan penentuan Alat-alat Berat untuk suatu pekerjaan konstruksi, jika faktor-faktor tersebut telah dipenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar seluruh rencana kerja proyek tersebut akan dapat dicapai dengan baik, kecuali jika ada hal-hal yang terjadi di luar dari yang telah diperhitungkan dan direncanakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar