Senin, 13 Januari 2014

5 Tips Persiapan Berangkat Umroh 2014

Apa Tips tips dalam Persiapan Berangkat untuk melaksanakan Umroh? Bagaimana agar Umroh yang anda lakukan tepat sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW? 

Mempersiapkan diri untuk berangkat umroh tidak akan terlalu sulit jika Anda terbiasa mengikuti beberapa tips umroh yang telah banyak diberikan dalam buku-buku referensi tentang pelaksanaan haji dan umroh atau bahkan artikel-artikel lepas dari tabloid cetak maupun online.
Ibadah umroh disebut juga dengan ibadah haji kecil, ini disebabkan oleh beberapa tata laksananya hampir sama dengan haji hanya saja lebih sederhana. Waktunya pun tidak ada ketentuan yang mengikat, atau bisa dilakukan kapan saja, bahkan beberapa kali dalam setahun.
Persiapan utama yang dilakukan adalah menyangkut tentang kesehatan baik fisik, mental maupun spiritual. Berikut adalah beberapa tips umroh untuk mempersiapkan diri menjelang keberangkatan agar ibadah umroh Anda lebih sempurna :
  1.  Lakukan general check up. Jika sedang menderita suatu penyakit terutama penyakit infeksi segera tanggulangi dengan bantuan dokter. Jika memiliki penyakit menetap, mintalah semua perlengkapan medis yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit tersebut kambuh pada saat melaksanakan ibadah. Vaksinasi untuk beberapa penyakit tertentu akan disarankan oleh dokter Anda.
  2. Lakukan gaya hidup sehat dengan makanan yang seimbang dan olahraga yang teratur. Tips umroh ini dimaksudkan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda sebelum dan selama pelaksanaan ibadah.
  3. Ketika melaksanakan ibadah umroh Anda akan melakukan perjalanan kaki sekian puluh kilometer per hari. Sangat disarankan untuk melatih kaki Anda dengan rutin berjalan kaki selama satu jam setiap harinya.
  4. Cuaca di tanah suci sangat ekstrim. Lebih baik untuk mempersiapkan diri terbiasa tersengat matahari demikian juga dengan pakaian yang akan dibawa. Setiap tips umroh akan menyarankan Anda untuk wajib menyiapkan baju hangat kaus kaki kaus tangan dan tutup kepala.
  5. Biasakan untuk banyak minum  air putih dan sebisa mungkin meninggalkan minuman manis. Udara di sana sangat panas, air putih akan mencegah Anda dehidrasi sedangkan minuman manis hanya akan membuat darah Anda lebih pekat dan mudah kelelahan.
Beberapa orang akan mengalami sindrom gangguan fisik tertentu selama menjalankan ibadah umroh, seperti  sakit kepala berlebih dan kelelahan teramat sangat. Menjalankan beberapa tips umroh di atas akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari sindrom-sindrom tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar